CIA dan Gedung Putih Mendapat Tekanan Lebih Besar Setelah Bocornya Laporan Senat

+ResistNews Blog - Komite Senat menemukan bahwa interogasi dan penahanan oleh CIA menjadi ‘brutal’ dan mendesak pemerintah merilis laporan secepat mungkin
Kebocoran dari temuan utama Senat menemukan adanya penyiksaan para tahanan terorisme pasca Peristiwa 11/9  yang dipimpin CIA, sehingga memberikan tekanan intensif atas Gedung Putih dan CIA untuk mengeluarkan penyelidikan cepat dan dengan penyuntingan minimum dari laporan tersebut.
Studi rahasia, yang disiapkan oleh Komite Intelijen Senat, menyimpulkan bahwa interogasi, penahanan rahasia dan sesi penyiksaan oleh CIA dilakukan dengan  “brutal, dan jauh lebih buruk dari yang diinformasikan kepada pembuat kebijakan. ”
Lebih banyak tersangka teroris yang mendapat perlakuan itu pasca 11/9, yang sebagian besar berlangsung dari tahun 2002 hingga tahun 2006, dimana CIA telah mengakuinya secara terbuka, menurut temuan laporan itu, yang pertama kali dilaporkan oleh McClatchy.
Pekan lalu, Ketua Komite Dianne Feinstein dari California menyatakan bahwa Senat menyelidiki 100 kasus tahanan – selusin lebih banyak dari yang sebelumnya diketahui telah menjalani apa yang disebut CIA sebagai program “interogasi, penahanan dan rendisi.”
Selain kebijakan menyesatkan, laporan Senat menuduh CIA dengan selektif membocorkan informasi rahasia dan tidak akurat
kepada wartawan untuk menggambarkan program dalam perspektif positif.
“CIA memanipulasi media dengan membocorkan informasi rahasia yang terkoordinir yang secara tidak akurat menggambarkan efektivitas teknik interogasi badan itu yang meningkat” kata temuan Komite.
Badan itu juga, menurut laporan tersebut, memberikan informasi faktual tidak akurat kepada para pengacara pemerintahan Bush, yang mengandalkannya untuk penyusunan teori-teori hukum yang didukung oleh aparat yang menginterogasi dengan cara menyiksa dan
menahan dan dengan cepat menyebar ke fasilitas militer AS di Teluk Guantanamo, Irak dan Afghanistan.
Penelitian ini menghabiskan waktu empat tahun dan $ 40m untuk menyelesaikannya, dan mungkin telah menjadikan hubungan antara CIA dan panel pengawas Senat mungkin dalam tingkat terendah dalam sejarah. (Guardian/ +ResistNews Blog )

No comments

Post a Comment

Home
loading...