Dua Kali Lipat dari Jumlah Era-Afghan, Ribuan Jihadis Yordania Beraksi di Suriah

+ResistNews Blog - Pengamat dan analis mengungkapkan bahwa sekitar 800 hingga 1200 penduduk Yordania berjihad di Suriah. Jumlah ini dua kali lipat dari mereka yang berhijrah di Afghanistan beberapa dekade lalu.

Meski berasal dari seluruh wilayah negeri, sekitar sepertiga jumlah jihadis yang berjuang dari Yordania berasal dari Zarqa, tempat di mana pendiri Al-Qaidah Iraq, Syaikh Abu Mus’ab dinisbatkan.

Wilayah Provinsi Zarqa memang cukup strategis, yakni bagian utara (meski bukan yang paling utara) Yordania. Beribukota di Kota Zarqa, provinsi ini memanjang ke arah timur.

Banyak para jihadis ini berangkat berjihad ke Suriah karena kekejaman yang malampaui batas daripada penguasa baathis nusairiyah Basar Asad. Mereka juga mengesampingkan nasionalisme dan batas-batas Sykes Picot yang membelenggu penduduk Syam.

“Tidak ada itu, hal semacam ‘Suriah hanya untuk rakyat suriah’,” jelas Dokter Munif Samarra, yang disebut mengenal banyak jihadis yang berangkat ke Suriah. “Apabila di sana ada tanah air ummat islam, maka di sanalah kewajiban kita untuk menegakkan syariah,” terangnya.

Dokter Samarra yang dalam footage situs ITNSource disebut sebagai salah satu representasi Jabhat An-Nusrah mengatakan bahwa dia juga tak akan menahan puteranya yang sedang belajar kedokteran gigi untuk berjihad di Suriah.

Kebanyakan dari jihadis yang menyeberangi perbatasan tidak mengabarkan diri kepada keluarganya. Tiba-tiba saja saat sampai di medan perjuangan, mereka telah menjadi bagian dari Daulah Islam Irak dan Syam (ISIS) atau Jabhat An-Nusrah.[NYTimes/shoutussalam.com/ +ResistNews Blog ]

No comments

Post a Comment

Home
loading...