Syiah Iran Berencana Membangun Enam Kilang Minyak di Indonesia

+ResistNews Blog - Kantor berita Iran, Fars News Agency merilis berita pada Ahad (13/04/2014) bahwa telah ada keputusan resmi dari Persatuan Eksportir Minyak negeri syiah tersebut untuk membangun setidaknya setengah lusin kilang di Indonesia.

“Konsorsium bersama Iran – Indonesia akan mengambil alih pembangunan kilang-kilang tersebut,” ujar Kepala Persatuan Eksportir Produk Minyak Bumi, Hasan Khosrojerdi.

“Sebuah kilang minyak besar dengan kapasitas produksi harian 150000 barel minyak bumi dan lima kilang yang lebih kecil dengan kapasitas produksi harian 30000 hingga 50000 barel kondensat gas akan dibangun,” terangnya.

Sebelumnya di Januari, pejabat Iran dan Indonesia bertemu di Jakarta, menggaris bawahi tentang kepentingan kerjasama yang lebih jauh dalam bidang sumber daya energi modern.

Dala pertemuan, anggota dari Kelompok Persahabatan Parlemen Iran -Indonesia, Sayid Hashem Banihashemi, dan Wamen ESDM, Susilo Siswoutomo membahas tentang jalan untuk menghidupkan kembali dan mempercepat hubungan bilateral, terutama di bidang energi.

Legislator asal Iran tersebut mengatakan bahwa pihak-pihak yang berkompeten dalam pengilangan minyak bumi dan konstruksi bendungan, serta pengalihan bentuk energi menuju ke biodiesel di Iran telah mengungkapkan ketertarikannya untuk berkerja sama dengan Indonesia.

Belum diketahui dengan jelas, daerah pengilangan minyak manakah yang menjadi sasaran para penganut syiah ini. Kedatangan mereka di Indonesia yang membawa uang bagi pemerintahan sekuler NKRI patut dicermati dan diwaspadai.[FNA/shoutussalam.com/ +ResistNews Blog ]

No comments

Post a Comment

Home
loading...