Tentara Chad Diserang Milisi Kristen Saat Bantu Muslim CAR Mengungsi



+ResistNews Blog - RIBUAN orang melarikan diri akibat baku tembak yang terjadi antara tentara Chad yang mengawal konvoi warga sipil Muslim dengan milisi Kristen di Republik Afrika Tengah (CAR), Medecins Sans Frontieres (MSF) mengatakan pada hari Selasa kemarin (15/4/2014).

Pasukan Chad mengawal 540 warga Muslim terakhir yang ada di kota barat laut Bossangoa menuju ke Gore di Chad ketika milisi Kristen menyerang konvoi pada malam hari tanggal 11 April saat melewati Boguila, sekitar 310 mil (500 km) sebelah utara ibukota Bangui.

“Kami menyaksikan mayoritas penduduk melarikan diri dengan panik ke semak-semak,” ungkap Stefano Argenziano, kepala misi MSF di negara itu dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa kemarin. Dia memperkirakan sekitar 7.000 orang mengungsi dalam bentrokan tersebut.

“Kami khawatir bahwa pertempuran senjata mungkin telah mengakibatkan lebih banyak orang yang terluka. Untuk saat ini kami tidak dapat mengakses daerah itu untuk memverifikasi serta mengevakuasi korban yang terluka,” ujar Argenziano.

“Saat ini sudah tidak ada seorang Muslim pun berada di Bossangoa,” kata satu sumber polisi.

Kekerasan besar-besaran antara Kristen dan Muslim berkecamuk di Bossangoa dan Bouca sejak September lalu, merupakan bagian dari kerusuhan nasional yang dipicu oleh kudeta Maret 2013.

Ribuan orang telah tewas dan sekitar seperempat dari populasi 4,6 juta orang telah mengungsi, sebagian besar dari mereka Muslim, yang membentuk sekitar seperlima dari keseluruhan populasi.[islampos/worldbulletin/ +ResistNews Blog ]

No comments

Post a Comment

Home
loading...