Aktivis IHH Turki Berusaha Tembus Blokade Israel Untuk Tolong Gaza


+ResistNews Blog - Para aktivis Turki yang tergabung dalam Yayasan Bantuan Kemanusiaan (IHH) bersiap untuk mengirim kapal berisi bantuan darurat untuk rakyat Palestina di Gaza.

Mereka siap menembus blokade Israel yang telah membuat sengsara rakyat Gaza selama delapan tahun terakhir.

Aksi para aktivis Turki itu diputuskan setelah empat tahun silam kapal bantuan mereka untuk rakyat Gaza diserbu pasukan Israel dengan korban tewas 10 orang.

“Anggota koalisi aktivis dari berbagai negara telah bertemu di Istanbul pada akhir pekan ini dan berkomitmen untuk meluncurkan armada bantuan dalam baying-bayang agresi Israel terbaru terhadap Gaza,” bunyi pernyataan IHH melalui e-mail.

“Koalisi Freedom Flotilla menegaskan bahwa, tanggung jawab jatuh pada masyarakat sipil untuk menantang blokade Israel di Gaza,” lanjut pernyataan IHH, seperti dikutip Reuters, Senin (11/8/2014).

Rencana aksi para aktivis itu muncul setelah Israel dan Hamas sepakat melakukan gencatan senjata selama 72 jam yang telah dimulai sejak kemarin.

Para aktivis Turki telah dikenang rakyat Gaza, setelah pada Mei 2010 silam, kapal Mavi Marmara yang mereka gunakan untuk menyalurkan bantuan terhadap rakyat Gaza diserbu pasukan Israel.

Penyerbuan pasukan Israel yang menewaskan 10 aktivis Turki kala itu memicu kecaman internasional.

Tahun lalu, Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu meminta maaf kepada Turki atas insiden berdarah itu. Permintaan maaf itu pun baru muncul setelah dia ditelepon Tayyip Erdogan. (ac/ +ResistNews Blog )

No comments

Post a Comment

Home
loading...