+ResistNews Blog - Pada hari Ahad (24/8/2014) pukul 03.20 waktu setempat, gempa besar mengguncang negara Kafir Amerika Serikat (AS), tepatnya di San Fransisco, California. Lokasi gempa bertempat enam kilometer dari Kota Napa.

Gempa itu merupakan gempa terbesar dalam 25 tahun terakhir. Pipa-pipa air dan saluran gas pecah. Gempa ini juga menewaskan dua orang dan membuat seorang anak terluka sangat parah, sedangkan 87 lainnya dilarikan ke Rumah Sakit (RS) Queen of the Valley Medical Center.

Kebanyakan pasien mengalami luka benjolan dan memar. “Ini adalah guncangan cukup besar di Napa,” kata seorang warga, dilansir dari the Guardian, pada Senin (25/8/2014).

California diperkirakan masih akan mengalami gempa bumi yang jauh lebih besar di beberapa titik. “Namun, ilmuwan masih belum tahu persis kapan gempa itu akan datang dan seberapa kuat,” kata ahli Geofisika Survey AS, Don Blakeman.

Warga Kota Dazed misalnya, sangat takut jika gempa susulan terjadi. Pemerintah setempat kemudian membuat tenda penampungan.

Sebelum ini, gempa terparah terjadi pada 17 Oktober 1989. Jalan Bay Bridge runtuh dan menewaskan lebih dari 60 orang. Jalan bebas hambatan di Oakland itu kemudian ambruk. Manajer Kota Napa, Mike Parness mengatakan 15-16 bangunan sudah tak layak ditempati. Sebagian besar jendela rumah warga pecah. [GA/rol/ +ResistNews Blog ]

Post a Comment

Powered by Blogger.