+ResistNews Blog - Teknologi layanan perpetan dan pencitraan satelit Google Earth ternyata mampu mengungkap lokasi latihan perang mujahidin Daulah Islam atau lebih dikenal sebagi ISIS. Mulai dari tempat latihan tembak, tempat konfoi berkumpul hingga foto bareng anggota. Bagaimana bisa?

Sebagaimana dilansir laman Slashdot, seorang warga mampu mengungkap lokasi tempat i’dad dan konfoi pasukan ISIS. Sejumlah foto yang di-posting-kan oleh akun-akun Twitter pendukung ISIS dapat dengan mudah diidentifikasi tempat dan lokasi latihannya oleh. Salah satunya adalah foto yang menampilkan 80 anggota ISIS yang sedang berlatih dengan senjata berat.

Bermodal foto-foto tersebut, ia mencoba mencocokkannya dengan citra satelit yang terekam di sejumlah aplikasi seperti Google Earth, FlashEart, dan Panoramio.



Hasilnya ia menyimpulkan bahwa kamp latihan kelompok tersebut terletak di sepanjang wilayah tepi Sungai Tigris, Mosul, Irak. Sejumlah penanda lokasi yang khas seperti jembatan dan papan reklame yang berderet di sepanjang jalan menjadi bukti kesamaan lokasi kamp pelatihan dan lokasi yang diidentifikasi melalui Google Earth.

Argumen ini semakin diperkuat dengan fakta bahwa militan ISIS memang sempat menguasai Mosul sejak awal Agustus lalu. Wilayah Mosul menjadi begitu penting untuk dikuasai karena terdapat dam yang merupakan sumber utama air bersih untuk beberapa wilayah di Irak.

Perhatikan gambar-gambar berikut ini…

Pada banyak sesi latihan memiliki latar belakang jembatan besar..







Setelah melakukan sedikit penelitian pada Google Earth akan didapatkan bahwa secara umum daerah tersebut terdapat di sepanjang sungai Tigris di Mosul. Hal itu juga berdasar letak bangunan dan tanah yang menandai sekitar lokasi.



Selanjutnya, dalam foto di bawah ini kita dapat melihat salah satu jembatan dengan sebuah bangunan besar yang terlihat di latar belakangnya dengan foto yang diambil di jalan deretan pohon. Untuk mengetahui letak lokasi tersebut diperlukan Flash Earth dengan citra yang lebih mutakhir untuk menemukan gedung, yang tampaknya baru saja dibangun.



Di seluruh wilayah, hanya ada satu yang sesuai dengan lokasi tersebut, yaitu di sebelah utara sungai, dengan kamera menunjuk Selatan.



Selanjutnya, hal yang sama juga nampak saat i’dad di daerah yang sama, dengan latar jembatan terlihat, dan pohon-pohon di sebelah kanan (perhatikan panah hijau dan posisi kamera).



Lebih dari itu, beberapa petunjuk juga bisa dilacak dengan panoramio.



Termasuk juga sesi berikut degan latar belakang tower.





Dari sini juga dapat diambil kesimpulan bahwa mereka melakuka aktivitas sepanjang kurang lebih 2,9 km


[lasdipo/ +ResistNews Blog ]

Post a Comment

Powered by Blogger.