Israel Hancurkan Masjid Omari Yang Berusia 1300 Tahun



+ResistNews Blog - Sebuah warisan sejarah yang berusia ratusan tahun telah hancur karena serangan udara Israel ke Gaza pada suatu pagi di Juli yang lalu. Serangan itu menghancurkan Masjid Omari yang telah berusia 1300 tahun. Masjid pun runtuh dan jamaah harus mencari tempat darurat untuk melakukan shalat.

“Bagi masyarakat, masjid itu adalah berkah dan penting untuk memiliki masjid seperti itu,” Mohammad Alloush, seorang mahasiswa 22 tahun, mengatakan kepada NPR pada hari Selasa 12 Agustus, demikian lansir onislam.net.

Terletak di daerah Jabaliya, dekat Gaza City, masjid Omari tidak lagi dapat digunakan oleh jamaah. Dengan pintu yang sudah hancur, seorang pengunjung masjid harus memanjat tumpukan puing-puing dan masuk ke masjid melalui lubang di dinding. Di dalam masjid, matahari datang bersinar melalui lubang yang bolong di atap. Tumpukan mushaf Al Quran yang terbakar akibat serangan itu juga nampak tergeletak di sejumlah tempat.

Warga di daerah tersebut mengatakan bahwa masjid telah berdiri di sana selama 13 abad dan telah mengalami sejumlah renovasi. Sejarawan memperhitungkan bagian tertua dari bangunan yang saat ini masih ada adalah menara, yang diperkirakan berusia sekitar 700 tahun. Menara ini selamat dari serangan Israel.

Masjid yang dianggap sebagai pilar dalam kehidupan di wilayah Jabaliya ini, hancur dua pekan lalu menyusul peringatan Israel bahwa mereka akan menargetkan masjid dalam serangan yang mereka lakukan.

Sebelum menjadi target serangan, warga enggan menunaikan shalat shubuh di masjid karena takut ancaman Israel mengebom masjid. Namun sang muadzin masjid ini, Daoud al-Sleiman, tidak merasa khawatir.

“Dia datang ke masjid untuk melakukan adzan. Saat ia mengucapkan ‘Allahu Akbar’ dan (bom datang) kemudian dia hancur berkeping-keping,” kata Alloush.

“Kami dulu sering merasa aman di dalam dan sekitar masjid ini,” Alloush tambahnya.

Masjid Omari bukan satu-satunya masjid yang menjadi sasaran serangan udara Israel selama perang saat ini di Jalur Gaza yang terkepung. Menurut pejabat Palestina, serangan udara Israel telah menghancurkan 43 masjid dan merusak 132 lainnya. [muslimdaily.net/ +ResistNews Blog ]

No comments

Post a Comment

Home
loading...