Perancis Persenjatai Pasukan Kurdi Perangi Daulah Islam



+ResistNews Blog - Selain Amerika yang telah mengirim 130 pasukannya, Perancis dikabarkan juga ikut turun tangan di Irak. Kali ini Perancis mengirim bantuan berupa senjata perang ke pasukan Kurdi Irak. Senjata-senjata tersebut nantinya akan digunakan pasukan Kurdi memerangi pasukan Daulah Islam.

Pasukan Daulah Islam dilaporkan menguasai banyak wilayah di Irak utara dan barat, dengan sedikit perlawanan dari militer Irak.

Dilansir dari VOA News, Kamis (14/8/2014), kantor Presiden Prancis Francois Hollande menyatakan senjata-senjata itu dikirimkan dalam hitungan jam dengan koordinasi pemerintah Irak.

Presiden wilayah otonomi Kurdi di Irak Massoud Barzani juga meminta masyarakat internasional untuk membantu memerangi militan. Pada Selasa Selasa 12 Agustus, Uni Eropa gagal menyepakati persetujuan untuk menyuplai senjata, namun mengatakan negara-negara bebas membuat kesepakatan dengan Irak untuk memberikan bantuan.

Perancis dan Amerika turun tangan di Irak menyusul rentetan pengusaan wilayah oleh Daulah Islam di wilayah Irak Utara di mana banyak pengungsi Yazidi eksodus dari wilayahnya. (dbs/panjimas/ +ResistNews Blog )

No comments

Post a Comment

Home
loading...