Sudah Hampir Setahun, AS Baru Klaim Hancurkan Senjata Kimia Rezim Suriah



+ResistNews Blog - Presiden AS Barack Obama pada Senin, (18/08) mengklaim telah menetralkan stok senjata kimia rezim Suriah.

“Senjata-senjata kimia paling mematikan yang dimiliki oleh rezim Suriah telah dihancurkan oleh profesional sipil dan militer AS, menggunakan kemampuan kapal Amerika yang unik, M/V Cape Ray,” kata Obama.

Penghancuran stok senjata kimia milik Bashar Assad ini baru selesai setelah hampir “peringatan satu tahun bencana mengerikan, serangan senjata kimia Assad yang menewaskan lebih dari 1.000 warga Suriah yang tidak bersalah, termasuk banyak di antaranya anak-anak di pinggiran kota Damaskus.”

Menteri Luar Negeri AS John Kerry menyuarakan keprihatinannya mengenai apakah rezim Suriah memiliki senjata kimia lainnya dan bersikeras bahwa sisa fasilitas produksi senjata kimia harus dihancurkan.

“Kami juga tetap sangat prihatin dengan laporan penggunaan yang sistematis dari gas klorin di daerah oposisi,” kata Kerry.

“Masing-masing dan setiap satu dari isu-isu ini harus benar-benar diselesaikan,” tambahnya.

Rezim Suriah menerima rencana untuk pemusnahan senjata kimia pada tahun 2013, menyusul serangan kimia rezim yang menewaskan hampir 1.500 warga sipil di Ghouta, pinggiran Damaskus pada Agustus 2013. [kiblat.net/ +ResistNews Blog ]

No comments

Post a Comment

Home
loading...