+ResistNews Blog - Amerika Serikat menggunakan epidemi virus Ebola untuk memajukan agenda imperialis di Afrika Barat, kata seorang aktivis hak-hak sipil dan jurnalis di Detroit.

Abayomi Azikiwe, editor Pan-African News Wire, membuat pernyataan itu dalam sebuah wawancara telepon dengan Press TV hari Selasa, ketika mengomentari pengumuman Presiden Barack Obama bahwa militer AS akan terlibat dalam menanggulangi wabah Ebola di Afrika Barat, dengan alasan bahwa hal itu merupakan masalah keamanan nasional yang serius.

“Saya yakin ini hanyalah cara lain untuk melakukan penetrasi intelijen militer Amerika Serikat yang lebih dalam ke benua Afrika. Militer Amerika Serikat sudah hadir di Libya, di Sierra Leone, serta di negara Afrika barat Nigeria, yang semuanya telah … terkena dampak epidemi virus Ebola, “kata Azikiwe.

“Satu-satunya cara di mana penyakit ini dapat diatasi adalah melalui proliferasi tenaga medis, dokter yang terlatih, perawat, pengembangan rumah sakit lapangan dan klinik, dan itu melalui proses inilah penyakit itu dapat diatasi,” tambahnya.
“Alasan mengapa penyakit ini memiliki dampak yang demikian traumatik di Afrika … adalah kenyataan bahwa tidak ada fasilitas kesehatan yang memadai di berbagai negara itu – fasilitas penelitian yang memadai – sehingga penyakit ini dapat diatasi dengn baik melalui penelitian serta melalui perawatan medis, ” kata aktivis hak-hak sipil.

“Perawatan akan dirancang untuk membatasi suatu virus dan juga untuk menghilangkannya. Tapi ini bukan solusi militer, ini adalah solusi medis, dan solusi medis pasti terkait dengan kurangnya pembangunan, kurangnya sumber daya di wilayah tersebut, “katanya.

“Kasus-kasus Ebola yang telah dikirim ke Amerika Serikat Amerika Serikat untuk mendapatkan pengobatan telah mendapat hasil yang sangat positif. Hal ini terkait langsung dengan tingkat fasilitas medis dan profesional kesehatan [di AS] yang bisa mengatasi masalah ini,” kata Azikiwe. “Tapi ini bukan masalah militer, ini adalah masalah medis, dan masalah medis pasti terkait dengan masalah pembangunan di Afrika Barat.”

“Ini adalah satu-satunya cara yang akan menjadi solusi jangka panjang untuk krisis ini.Pada saat ini, penyakit ini adalah ancaman tidak hanya bagi Afrika Barat, tetapi juga menjadi ancaman internasional karena tidak ada cara itu dapat untuk mengatasi secara ketat penyakit itu di wilayah Afrika Barat, “tegasnya.

Dia menambahkan bahwa “ada beberapa kasus di wilayah utara Republik Demokratik Kongo. Meskipun mereka mengklaim wabah itu tidak berkaitan dengan wabah di Afrika Barat, kita kembali ke pertanyaan fasilitas medis yang memadai dan tenaga medis yang memadai. ”

“Jadi ini adalah solusi nyata dan [mengenai] AFRICOM – Komando Angkatan Darat Amerika Serikat untuk Wilayah Afrika – institusi militer ini tidak dibentuk untuk tujuan kesehatan. Mereka dibentuk untuk tujuan melaksanakan kebijakan luar negeri imperialis Amerika Serikat di Afrika dan ini hanya mekanisme lain bagi Barack Obama untuk bergerak ke arah itu, “Azikiwe menyimpulkan. (Press TV/ +ResistNews Blog )

Post a Comment

Powered by Blogger.