IS Kuasai 100% Kota Hit Wilayah Anbar



+ResistNews Blog - Pasukan IS akhirnya menguasai sepenuhnya kota Hit. Sumber Keamanan menyebutkan IS telah mengendalikan kota Hit di provinsi Anbar. Kota Hit dikendalikan oleh IS setelah militer Irak menarik pasukannya dari pangkalan terakhirnya di Hit.

Ratusan pasukan ditarik dari pangkalan dan dikirim untuk melindungi pangkalan udara Asad.

“Para pemimpin militer kami berpendapat pasukan militer akan lebih bagus dikerahkan untuk mempertahankan pangkalan udara Asad. Kota Hit kini 100 persen dikendalikan ISIS,” kata seorang kolonel kepolisian di Ramadi, dikutip dari Aljazeera.

Asad yang berada di barat laut Hit merupakan wilayah yang masih dikendalikan oleh pemerintah. Kota ini dikelilingi oleh gurun.

Pejabat keamanan lainnya mengatakan pesawat militer telah menjemput pejabat senior di Hit dan sebagian dari para pasukan tersebut dikerahkan ke Asad.

Sementara itu, seorang pejabat Irak dan milisi Sunni mengatakan IS berhasil merampas tiga kendaraan militer lapis baja dan lima tank.

Pasukan pemerintah telah mengalami beberapa kali kekalahan di Anbar dalam beberapa pekan terakhir ini. Hingga kini, akibat krisis di Irak, terdapat 180 ribu warga mengungsi dari Hit. (rol/lasdipo/ +ResistNews Blog )

No comments

Post a Comment

Home
loading...