+ResistNews Blog - Sembilan orang personel pasukan penjaga perdamaian PBB yang bertugas di Mali tewas dalam sebuah serangan terhadap misi PBB di negeri Afrika barat itu. Demikian juru bicara misi PBB di Mali (MINUSMA), Jumat (3/10/2014).

Iring-iringan pasukan penjaga perdamaian yang berasal dari Niger itu disergap orang-orang bersenjata yang mengendarai sepeda motor dan ditembaki menggunakan persenjataan berat. Insiden itu terjadi antara dua kota di wilayah timur laut Mali, Menaka dan Ansongo.

“Pagi ini, sebuah konvoi MINUSMA dari kontingen Niger menjadi sasaran sebuah serangan langsung saat dalam perjalanan menuju Indelimane, di koridor Menaka-Ansongo. Sembilan orang tewas,” demikian pernyataan MINUSMA seperti dikutip Reuters.

Pasukan MINUSMA digelar tahun lalu untuk menahan serangan pejuang muslim Al-Qaeda, yang sudah berada di negeri itu selama beberapa tahun dan atas dukungan kaum muslimin setempat.

Sebuah intervensi militer Perancis tahun lalu sempat berhasil menghentikan penyebaran para pejuang Al-Qaeda tersebut. Namun, kelompok-kelompok kecil militan masih tersebar di wilayah padang pasir Mali yang luas.

Dengan tewasnya sembilan tentara Niger itu menjadikan korban pasukan PBB di Mali menjadi 15 orang sejak awal tahun ini. Mereka tewas akibat hendak memupus para pejuang Islam. [lasdipo/ +ResistNews Blog ]

Post a Comment

Powered by Blogger.