Menuju Pembebasan Benua Afrika; Menelisik Peta Gerakan Jihad di Afrika



+ResistNews Blog - Afrika adalah benua terbesar kedua dunia dan kedua terbanyak penduduknya setelah Asia. Dengan luas wilayah 30.224.050 km² termasuk pulau-pulau yang berdekatan, Afrika meliputi 20,3% dari seluruh total daratan Bumi. Dengan 800 juta penduduk di 54 negara, benua ini merupakan tempat bagi sepertujuh populasi dunia.

Keyakinan kuat masyarakat Afrika terhadap Islam adalah bentuk kekuatan tersendiri bagi jati diri mereka. Para pejuangnya adalah golongan jihadis yang memiliki kekuatan nyata dan ancaman tersendiri bagi kepentingan asing setelah mujahidin di timur tengah.

Mayoritas pejuang lokal terus mengadakan perlawanan demi mengusir para penjajah, perampas sumber daya alam di benua Afrika namun kufur terhadap aturan Allah subhaanah.

Berikut telah kami rangkumkan beberapa kelompok jihad yang terus menggelorakan perlawanan di dataran benua Afrika.




Abdelmalek Droukdel, Pemimpin AQIM

1. AL Qaeda fi Maghrib Islam (AQIM) – Kelompok pejuang Islam afiliasi resmi Al-Qaeda ini adalah kelompok militan terkuat di daratan Afrika. Beberapa anggotanya tersebar di Mali, Aljazair, Niger, Mauritani, Libya, Tunisia dan Maroko. Pada awalnya anggota AQIM berasal dari FIS dan GIA (Jama’ah Islamiyah Al-Musallahah), kelompok Islam yang hendak mendirikan Negara Islam di seluruh Aljazair pada tahun 1990-an.

Setelah adanya konflik besar antar para pejuang dan militer Aljazair yang telah membunuh lebih dari 200.000 orang, banyak Islamis yang menerima amnesti pemerintah pasca konflik itu. Namun beberapa militant yang masih konskuen dengan jalan jihad di Aljazair menolak amnesti dan memilih untuk mendirikan tandzim jihad. Di antara mereka adalah Abdelmalek Droukdel, komandan AQIM saat ini. AQIM dan beberapa kelompok Islam mengambil bagian terpenting dalam penyerangan di Mali Utara sebelum akhirnya intervensi militer Perancis memukul mundur mereka ke beberapa wilayah.


Al Qaeda Afrika

Droukdel, yang tetap setia kepada komandan Al Qaeda, diyakini bersembunyi di pegunungan Aljazair utara sebagai basis kekuatan pusat AQIM. Kelompok ini terus memperkuat seluruh anggotanya hingga tersebar di Afrika Utara, Barat dan Tengah. Para pejabat militer AS mengatakan kelompok inilah yang paling disegani dan paling mudah mengkoordinir beberapa penyerangan dengan seluruh tandzim Jihad besar di benua Afrika seperti Boko Haram dan Al Shabaab Somalia.

Meskipun sejumlah anggotanya memisahkan diri dari mereka, namun analis barat yakin bahwa kelompok inilah yang sangat menjadi ancaman bagi kepentingan barat, karena dinilai telah menelurkan para komandan jihadis yang sekarang mulai bertebaran di seluruh negeri Afrika dan membentuk kelompok baru. Bahkan dalam perjalanannya pecahan dari AQIM masih tetap menjalin kerjasama dengan AQIM melawan kepentingan asing.

AQIM memiliki ribuan anggota yang tersebar di penjuru Afrika dan semakin menguat karena dukungan masyarakat Islam di Afrika.






Mokhtar Belmokhtar, Pemimpin Al-Muqiuna bid Dima

2. Al-Muqiuna bid Dima – Kelompok jihad ini dipimpin oleh Mokhtar Belmokhtar, seorang komandan AQIM di Aljazair. Ia adalah mantan veteran jihad Afghanistan tahun 90-an. Akibat silang pendapat internal dengan AQIM, Belmokhtar berpisah dengan Droukdel untuk membentuk kelompok sendiri pada tahun 2012 dan langsung berbaiat kepada Al-Qaeda pusat pimpinan Syeikh Ayman Al-Dzowahiri -hafidzhullah-.

Belmokhtar, kehilangan satu matanya saat meracik bom. Ia sempat dikabarkan gugur oleh pasukan Chad pada Maret 2013. Namun selang beberapa waktu ia muncul kembali dalam sebuah video yang dirilis pada bulan September 2013.

Ia dan beberapa anggotanya memiliki pengalaman bertempur saat perang Afghanistan dan Aljazair tahun 90-an. Para analis menyatakan bahwa Belmokhtar telah mengadakan kontak langsung dengan para jihadis lokal dan asing termasuk AQIM sendiri. Beberapa pejabat keamanan percaya dia sekarang berlindung di gurun Libya selatan yang berbatasan dengan Aljazair.

Ia dijuluki sebagai gerakan AQIM kedua. Belmokhtar dituduh mendalangi serangan besar yang menargetkan tambang uranium Perancis di Niger dan pabrik gas Amenas di selatan Aljazair tahun 2013. Dalam penyerangan itu 39 kontraktor asing pro-penjajah tewas.






Jundu Khilafah Al Jazair

3. Jundu Khilafah Al Jazair – kelompok ini adalah pecahan dari Al-Qaeda Afrika (AQIM) yang kemudian menyatakan diri berbaiat kepada ISIS bulan lalu. Bentuk dukungannya terhadap ISIS direalisasikan saat pertama kali menculik dan memenggal pemandu wisata asal Prancis, Herve Gourdel.

Pemimpin dari kelompok ini diduga bernama Abdelmalek Gouri, seorang komandan AQIM dan juga veteran perang Aljazair dari GIA.

Beberapa analis dan sumber keamanan menilai kelompok ini kurang memiliki target yang jelas karena dinilai masih premature dengan jumlah anggota yang berkisar 20 orang mujahid mantan pejuang AQIM. Namun apapun ukurannya, jawaban pemenggalan warga Prancis itu telah menempatkan mereka di area peta jihad Afrika Utara.






Iyad Al Ghali, Pemimpin Ansharuddin

4. Ansar Dien – Sebuah kelompok Islam afiliasi Al Qaeda di Mali utara. Track dan prestasi kelompok ini dinilai pernah merebut mayoritas Mali Utara bersama dengan suku Tuareg MNLA.

Pemimpin Ansar Dine adalah adalah Iyad Al Ghali, seorang kepala suku Tuareg yang memiliki hubungan dekat dengan komandan lokal AQIM wilayah Mali yang sekaligus adalah sepupunya. Pejuang Ansar Dine, yang memiliki bendera hitam ini, awalnya memperoleh wilayah kekuasaan di utara Mali untuk menjaga ketertiban. Namun selang beberapa waktu hembusan angin permusuhan mulai dimunculkan oleh beberapa pihak karena Syariat Islam yang telah ditegakkannya.

Saat ini Ansar Dien terus melakukan penyerangan penting guna membebaskan kembali beberapa wilayah yang direbut untuk kepentingan Barat.






Hamada Ould Mohamed Kheirou, Pemimpin MUJAO

5. MUJAO – atau Jamaah Tauhid wal Jihad fi Ghorbi Afrika adalah sebuah kelompok yang memiliki hubungan dekat dengan al-Qaeda di Mali dan Aljazair. MUJAO adalah salah satu kelompok islam yang terlibat dalam dalam mengambil alih utara Mali. Diduga kelompok ini telah melakukan pembunuhan terhadap dua wartawan Perancis di Mali pada tahun 2013. Kelompok ini juga pernah melakukan kerjasama dengan kelompok Belmokhtar (Al-Muqiuna bid Dima) saat penculikan diplomat Aljazair beberapa waktu yang lalu.

Mujao dipimpin oleh Hamada Ould Mohamed Kheirou (Alias Abu Qumqum), ia adalah ahli dalam pembuatan bom dan seorang petinggi AQIM, sebelum akhirnya memilih berpisah namun tetap beroperasi bersama dengan para pejuang AQIM dan Boko Haram.

Kelompok ini juga pernah melakukan kerjasama dengan kelompok Belmokhtar (Al-Muqiuna bid Dima) saat penculikan diplomat Aljazair beberapa waktu yang lalu. Kelompok ini beroperasi di Aljazair, Mali dan Niger.






Abu Iyad, Pemimpin Ansaru Syariah Tunisia

6. Ansar al Syariah Tunisia – kelompok ini dipimpin langsung oleh veteran jihad Afghanistan, yang bernama Abu Iyad. Ansar al Syariah adalah salah satu kelompok jihad yang muncul saat terjadi revolusi Tunisia yang bertepatan dengan Arab Spring tahun 2011. Kelompok ini pada awalnya mendapat otonom untuk mempraktikkan kegiatan keislaman di wilayah ‘pinggiran’ Tunisia.

Ansar Abu Iyad dituduh sebagai dalang penyerangan terhadap kedutaan besar AS di Tunis dan penyerangan terhadap dua kelompok oposisi Tunisia pada tahun 2012 hingga menimbulkan krisis politik di Tunisia. Ansar Shariah Tunisia adalah gerakan clandestine (bawah tanah) yang sering melakukan perlawanan menghadapi rezim pemerintah Tunisia.

Abu Iyad menyatakan kesetiaannya kepada pemimpin Al-Qaedah pusat, dan lebih merekomendasikan kaum muslimin untuk berjihad di Syam untuk membentuk jihad global bersama ummat. Washington telah menyatakan Ansar al Syariah Tunisia sebagai gerakan teroris asing yang memiliki kaitan kuat dengan al Qaeda Maghreb Islam (AQIM).






Brigade Uqbah ibn Nafi Tunisia

7. Brigade Uqbah ibn Nafi Tunisia – Pihak keamanan Aljazair menilai kelompok kecil ini berbasis di pegunungan Chaambi, yang berbatasan dengan Aljazair, di mana beberapa pejuang asing telah mundur akibat intervensi besar-besaran militer Prancis di Mali. Pasukan Tunisia mengepung pegunungan untuk memancing mereka agar keluar dari basis mereka. Namun kelompok ini yang jumlahnya adalah puluhan masih tetap bertahan di daerah pegunungan.

Baru-baru ini kelompok jihad Uqbah bin Nafi’ telah merilis sebuah video yang mengancam serangan sebelum upacara syirik demokrasi digelar di Tunisia. Beberapa laporan keamanan menyebutkan, bahwa kelompok ini adalah salah satu jihadis pecahan dari Al-Qaeda yang kemudian bersumpah setia kepada Islamic State (IS), namun hal ini belum bisa dikonfirmasi karena belum adanya rilis resmi dari mereka.






Muhammad Zahawi, Pemimpin Ansar Syariah Libya

8. Ansar al Syariah Libya – kelompok ini disalahkan Amerika Serikat atas serangan terhadap konsulat AS di Benghazi pada tahun 2012 yang menewaskan duta besar AS dan tiga warga Amerika lainnya. Mujahidin Ansar al Syariah telah berhasil memposisikan dirinya sebagai faksi jihadis terkuat di Libya, selain gerakan Fajr Libya Benghazi.

Pemimpin kelompok ini adalah Muhammad Zahawi, seorang mujahid yang memiliki ikatan kuat dengan pejuang Al-Qaeda.

Beberapa bulan lalu, milisi sekuler pengikut mantan Jenderal Muammar Gaddafi, Khalifah Haftar, memerangi kelompok yang sempat mengumumkan penegakan Syariat Islam di wilayahnya ini, sebelum akhirnya diserang.

Tandzim jihad ini, mengatakan bahwa mereka akan memberlakukan hukum Islam di seluruh daratan Libya. Dalam penyerangan di Benghazi, Ansar Syariah Libya bergabung dengan Dewan Syuro Mujahidin Benghazi (BRSC) demi menjalankan satu misi persatuan islam menghancurkan politik boneka pimpinan Khalifa Haftar.

Saat ini Libya tengah dalam konflik besar karena mayoritas kota besarnya telah dibebaskan oleh mujahidin untuk ditegakkan Syariat Islam, termasuk ibukota Libya yaitu Tripoli. Sedangakan pemerintah sekuler alternative telah dialihkan di wilayah Tobruk.






Fajr Libya, Gerakan Fajr Libya adalah gabungan dari para pejuang Ikhwanul Muslimin, Milisi Misrata dan sebagaian kecil dari Al-Mulathmin di Libya

9. Fajr Libya – Fajr Libya adalah kumpulan kelompok jihad yang beroperasi di Libya. Ia tergabung bersama gerakan Ansharu Syariah Libya dibawah payung Revolusi Dewan Syuro Mujahidin Benghazi (BRSC). Gerakan Fajr Libya adalah gabungan dari para pejuang Ikhwanul Muslimin, Milisi Misrata dan sebagaian kecil dari Al-Mulathmin di Libya).

Kelompok ini diduga telah berhasil mengambil alih 11 pesawat milik pemerintah Libya dan terus beroperasi dengan aksi isytisyhadiayah di Libya.






Ansar Bayt al Maqdis

10. Ansar Bayt al Maqdis – Kelompok jihadis ini berbasis di Sinai, Mesir. Tandzim jihad ini ‘disalahkan’ atas penyerangan terhadap militer Mesir yang berhasil menewaskan ratusan polisi Mesir pasca penggulingan Presiden Mohamed Mursi oleh militer. Kelompok ini dibentuk tahun 2011 oleh para pejuang muslim di Mesir, dan mengaku bertanggung jawab dalam upaya pembunuhan terhadap menteri dalam negeri Mesir.

Amerika Serikat telah memasukkannya ke dalam kelompok teroris internasional karena dinilai memiliki hubungan dekat dengan Al-Qaeda. Namun pemerintah Mesir menghubungkan Ansar Bayt al Maqdis sebagai kelompok yang berbaiat dengan Islamic State (IS).

Kelompok ini juga telah meluncurkan beberapa roket ke kota selatan Israel dan juga menyerang tentara perbatasan Israel. Selain itu mereka juga telah menargetkan turis Mesir dan asing serta memenggal beberapa diantaranya karena terlibat jelas sebagai mata-mata Mossad Israel.






Boko Haram

11. Boko Haram – atau juga disebut sebagai Jama’ah Ahlu Sunnah lid Dakwah wal Jihad, adalah tandzim jihad yang telah mendeklarasikan sebagai khilafah Islam Timur pada Agustus 2014. Wilayah operasi Boko Haram mayoritas meliputi Nigeria dan sedikit di wilayah Kamerun.

Pendiri kelompok ini adalah Muhammad Yusuf. Ia terbunuh oleh gempuran tentara Nigeria tahun 2009 dan akhirnya pimpinan jamaah diserahkan kepada wakilnya, Abu Bakar Shekau.

Sejumlah pengamat menyatakan bahwa basis kuat Boko Haram ini berada di Negara bagian Borno. Kelompok ini juga telah lama masuk dalam daftar teroris oleh Amerika Serikat.






Syeikh Ahmed Abu Ubaida Umar, Pemimpin Al-Shabab

12. Al-Shabaab – atau disebut Harakat al-Shabaab al-Mujahidin adalah sebuah kumpulan para pejuang Islam yang ingin menumbangkan rezim kufur Somalia. Umumnya mereka memakai soban atau keffiyehs/kopiah merah terang dengan berpakaian militer hijau gelap.

Tahun 2011, mereka telah menguasai mayoritas dari wilayah Somalia dan menerapkan syariat Islam di bebearpa wilayahnya. Meskipun terus digempur oleh militer Somalia dan Amerika hingga terbunuhnya pemimpin mereka, Syeikh Ahmad Abdi Godane, merka tetap tsiqoh untuk melancarkan serangan mematikan di kota-kota besar Somalia.

Selepas kesyahidan Godane -insyaAllah-, Al-Shabaab menunjuk Syeikh Ahmed Abu Ubaida Umar sebagai pemimpin baru mujahidin Somalia dan memperbaharui baiatnya kepada pemimpin tertinggiAl-Qaeda, Syeikh Aiman Adz-Dzowahiri

Pada tahun 2006, mereka juga aktiv beroperasi di Ethiopia. Mereka berjihad menentang musuh-musuh Islam dari Kerajaan Persekutuan Peralihan Somalia (TFG) dan Misi Kesatuan Afrika di Somalia (AMISOM).

Al-shabaab memiliki ribuan anggota yang semakin kuat karena dukungan masyarakat Islam di Somalia.

(dbs/lasdipo/ +ResistNews Blog )

No comments

Post a Comment

Home
loading...