+ResistNews Blog - BNPT akan melakukan kajian serius mengenai penggunaan internet oleh jaringan ‘teroris’. BNPT menilai penyebaran paham-paham radikalisme melalui situs-situs online tengah berkembang pesat.

Kepala BNPT Saud Usman Nasution mengatakan, penanggulangan terorisme dalam bidang teknologi informasi sangat penting. Pasalnya, kelompok ‘teroris’ telah berhasil menggunakan internet dan teknologi informasi lain sebagai alat penyebar ideologi.

“Situs-situs radikal menjadi ancaman serius dan nyata yang harus dicari solusinya. Situs penyebar ancaman tersebut dapat melahirkan teroris-teroris baru,” ujar Saud pada Selasa (4/11/2014).

Salah satu bentuk upaya pencegahan berkembangnya situs-situs radikal, BNPT akan bekerja sama dengan Surya University.

Rektor Surya University, Yohanes Surya mengatakan, pihaknya akan memberikan dukungan penuh dalam penanggulangan terorisme, khususnya melalui riset dan teknologi.

Sementara itu, Deputi I BNPT Agus Surya Bakti mengatakan, generasi muda harus ikut berperan dalam mencegah meluasnya paham ‘teroris’. Menurut dia, generasi muda perlu meningkatkan pemahaman tentang kehidupan berbangsa dan bernegara dalam format NKRI. Selain itu, mereka juga perlu meningkatkan rasa nasionlisme dalam kehidupan sehari-hari.

“Kenalilah juga paham radikal terorisme, pola aksi, perekrutan dan ciri-ciri ideologinya. Apabila ada gejala-gejala yang yang mencurigakan sekecil apapun yang mengarah kearah radikalisme terorisme maka laporkan,” tutur Agus. (dbs/lasdipo/ +ResistNews Blog )

Post a Comment

Powered by Blogger.