Fakta: Gerakan Takfiri Dibentuk oleh Penguasa

Masalah vonis kafir dan gerakan takfiri telah menjadi perdebatan sejak lama. Tidak jarang hal itu berbuntut tuduhan kepada pihak tertentu...



Masalah vonis kafir dan gerakan takfiri telah menjadi perdebatan sejak lama. Tidak jarang hal itu berbuntut tuduhan kepada pihak tertentu tanpa bukti yang jelas. Hal ini juga dilakukan oleh pemerintah melalui Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) saat memblokir situs-situs Islam pada akhir bulan lalu. Salah satu kriteria situs radikal adalah takfiri atau mengafirkan orang lain, seperti diungkapkan oleh Prof Dr Irfan Idris, Juru bicara sekaligus Direktur Deradikalisasi BNPT saat dengar pendapat dengan tujuh perwakilan media Islam di Jakarta, Selasa (31/3).



Prof Dr Irfan Idris, Juru bicara sekaligus Direktur Deradikalisasi BNPT

Secara manusiawi, siapa pun tidak akan terima bila dituduh tanpa bukti. Apalagi bila faktanya justru sebaliknya. Dalam kasus tuduhan takfiri ini, ada fakta yang menunjukkan bahwa penguasalah yang membentuk kelompok takfiri. Bagaimana ini terjadi? Seorang ideolog gerakan jihad global, Syaikh Abu Mus’ab As-Suri mengungkap sejarah dan bagaimana kelompok ini dibentuk oleh penguasa untuk memberantas aktivis Islam.

Lahirnya Kelompok Takfiri
Di dunia pergerakan Islam, terutama gerakan jihad, Syaikh As-Suri dalam buku Dakwah Muqawamah, menyebut mereka sebagai kelompok yang menyimpang dalam takfir. Sebab kelompok jihad juga memiliki konsep takfir berdasarkan akidah Ahlus Sunnah wal Jamaah.

Satu hal yang sangat penting untuk dipahami bahwa lahirnya kelompok takfiri dipengaruhi oleh penguasa. Demikianlah menurut catatan As-Suri, bahkan penguasa sengaja membentuknya untuk memberangus gerakan jihad secara keseluruhan.

Ada kondisi tertentu yang secara alamiah membentuk kelompok takfir. Penguasa yang tidak menerapkan hukum Allah dan berlaku kejam terhadap umat Islam menjadi pemicu utama.

Aliran takfiri telah lahir sejak tahun tujuh puluhan. Anak-anak muda yang memiliki semangat tinggi untuk membela syariat Islam bergolak jiwanya melihat kenyataan para penguasa di negeri-negeri muslim telah menggunakan hukum positif dan mengabaikan hukum Allah. Mereka semakin marah ketika orang-orang yang memperjuangkan syariat Islam ditangkapi oleh penguasa dan disiksa di dalam penjara.

Kebencian terhadap keadaan itu semakin menguat ketika anak-anak muda yang penuh semangat itu melihat para ulama justru bersikap lemah dan hipokrit. Ditambah lagi, para aktivis gerakan Islam secara umum dinilai lamban dan tidak mampu melakukan perubahan apa-apa. Keadaan semakin kompleks ketika masyarakat Muslim secara luas telah terlena dalam kemaksiatan dan kerusakan. Semua kondisi ini secara alamiah telah melahirkan aliran takfir yang ekstrem.


Rumus terbentuknya kelompok takfiri menurut Syaikh As-Suri

Dibentuk oleh Penguasa

Selain tumbuh secara alami, gerakan takfiri telah sengaja dibentuk oleh penguasa. Penguasa negara-negara Muslim telah menerapkan sistem represif terhadap aktivis Islam. Berbagai upaya dilakukan untuk memberangus mereka. Kesaksian sejumlah aktivis jihad yang terbebas dari penjara Ruwais Riyadh, (lihat kitab Dakwah Muqawamah, 665-666), telah menunjukkan bagaimana penguasa membentuk kelompok takfiri.

Mereka menceritakan bahwa setelah terjadi peristiwa peledakan di Riyadh dan Al-Khabr pada tahun 1994, ribuan pemuda ditangkap dan dijebloskan ke penjara dengan tuduhan mendukung para mujahid pendahulu mereka atau orang-orang berada dalam lingkaran gerakan jihad.

Para pemuda yang ditangkap itu mendapatkan intimidasi keji yang diadopsi oleh keamanan Saudi dari Mesir, Tunisia, Suriah, dan negara-negara yang terkenal dalam ilmu penyiksaan.

Salah seorang saksi sejarah kekejaman di penjara Ruwais menuturkan, “Setelah dilakukan penyiksaan fisik dengan pukulan dan penyetrikaan, kepala penyiksaan psikologis, yaitu seorang Syi’ah An-Nakhalah (sebutan untuk Syiah Imamiyah di Arab Saudi) yang mengenalkan dirinya dengan nama Abu Nayif —berumur enam puluh tahun dan pincang— mendatangi kami. Dia memaki-maki kami dengan kata-kata kekafiran, mencela agama, Rabb, dan kesucian Islam; meremehkan ajaran-ajaran Islam, serta mencela jihad dan mujahidin.

Sesi penyiksaan yang kami alami tidak lebih menyakitkan bila dibandingkan dengan keburukan kata-kata yang kami dengar darinya. Ia mengejek dan tertawa diikuti oleh para algojo lain.”

Mayoritas orang yang dipenjara yang disiksa adalah para aktivis jihad. Mereka dikumpulkan dalam kondisi telanjang dan hanya bisa menutupi aurat dengan tangan-tangan mereka. Setelah itu, para sipir memanggil mereka satu demi satu, lalu diikat dan digantung. Kemudian, Algojo datang dan mempermainkan alat kelamin tahanan tersebut dengan tongkat di tangannya.

Setelah itu, algojo tersebut membawa benda padat dari bahan plastik yang mirip dengan alat kelamin pria. Dia mulai menggosok-gosokkan alat tersebut dan mengancam akan menyodomi tahanan tersebut dengan alat itu bila tidak menjawab pertanyaannya. Selanjutnya, si algojo meminta agar tahanan tersebut menandatangani kertas berwarna hijau yang isinya adalah pengakuan bahwa dia mengafirkan penguasa, ulama, dan masyarakat awam.

Para saksi dari penjara Ruwais menambahkan bahwa para tahanan asing dari negara-negara Arab lain juga disiksa dengan siksaan yang sangat keji agar mereka memberikan pengakuan dengan mengatakan bahwa mereka membawa pemikiran takfiri ke Saudi

Selanjutnya intelijen atau tahanan yang diuji oleh Allah sehingga menjadi takfiri, disusupkan ke tahanan massal para mujahidin agar terjadi perdebatan sengit dalam suasana seperti itu. Gen takfiri pun lahir! Kemudian mereka pun menandatangani pengakuan agar terbebas. Tanda tangan mereka selanjutnya menjadi bukti bagi para ulama penguasa untuk melabeli siapa pun yang melawan Amerika dan antek-anteknya adalah orang-orang beraliran takfiri dan khawarij.

Takfir Berantai
Kelompok takfiri telah mengafirkan seluruh kaum muslimin, ulama, pemimpin gerakan Islam, dan dai mereka. Alasannya karena tidak mengafirkan (1) penguasa, (2) orang yang tidak mengafirkan penguasa, dan (3) orang yang tidak mengafirkan siapa saja yang tidak mengafirkan penguasa. Ini merupakan mata rantai yang kuat dan dasar gerakan pemikiran kelompok takfiri ini.

Namun, menurut As-Suri, meskipun kelompok takfiri itu telah mengafirkan penguasa, mereka tidak membangun perlawanan terhadap penguasa. Kelompok-kelompok takfiri tidak pernah diketahui memerangi penguasa, kecuali hanya sedikit saja. Apa lagi menyerukan jihad melawan orang-orang kafir yang sudah jelas kekafirannya, seperti orang-orang Yahudi dan Nasrani yang berkuasa di negeri kaum muslimin. Pada saat yang sama, mereka mengotori tangan-tangan mereka dengan membunuh kaum muslimin yang tidak bersalah dengan alasan mereka telah kafir. As-Suri menyebut mereka, “Merangkul generasi paganis dan membunuh generasi qur’ani.”

Kelompok Kecil
Fenomena kelompok takfiri sudah muncul sejak awal tahun tujuh puluhan hingga hari ini. Namun pergerakannya terbatas dan terisolasi. Mereka tidak populer dan tidak menyebar, baik di tengah-tengah kelompok-kelompok Islam maupun di komunitas publik kaum muslimin.

Kelompok ini sebenarnya tidak mampu mendapatkan posisi, baik di internal maupun eksternal organisasi-organisasi kebangkitan Islam. Hal ini karena para anggota aliran takfiri ini menunjukkan sikap yang kaku, arogan, bodoh, dan sering berargumen tidak masuk akal, di samping penyimpangan dari dasar-dasar hukum Islam. Mereka hanya berbentuk kantong-kantong yang menyendiri dan terisolasi di sana-sini, menikmati kedengkian dan kebodohan serta saling mengeliminasi.

Kelompok takfiri tidak memiliki hubungan dan kaitan dengan berbagai anggota dan organisasi kebangkitan Islam, yang diklasifikasikan oleh As-Suri menjadi tiga: politik (misalnya Ikhwanul Muslimin), non-politik (misalnya Jamaah Tablig dan salafi ilmiah), dan salafi jihadi. Seluruh gerakan kebangkitan Islam sepakat untuk mengucilkan aliran takfiri dan pemikiran penganutnya. Hal ini berperan dalam penyusutan pertumbuhannya.

Penguasa Mengambil Untung
Penguasa dan intelijen telah memanfaatkan kelompok takfiri untuk memberantas gerakan jihad. Kelompok takfiri menjadi musuh internal gerakan jihad. Pasalnya, kelompok jihad menyeru umat untuk berjihad melawan musuh eksternal, sedangkan kelompok takfiri tidak mau berjihad bersama umat karena mereka telah kafir.
Penguasa lalu menyamaratakan, bahwa mereka adalah kelompok takfiri khawarij yang mengafirkan penguasa, ulama, sampai orang awam.

Ciri tersebut, dalam catatan As-Suri, jelas berbeda dengan karakter para aktivis jihad. Sudah maklum bahwa aktivis jihad tidak pernah menarik rantai pengafiran serampangan seperti itu. Mereka memiliki fikih yang berlandaskan aqidah ahlus sunnah wal jamaah yang sudah populer. Tulisan-tulisan dan mimbar informasi mereka merupakan bukti terbesar atas manhajnya dan merupakan cara terpenting untuk memisahkan para aktivis jihad tersebut dari dari kelompok takfiri.

Namun, generalisir penguasa mampu membangun persepsi yang sama terhadap dua kelompok yang berbeda tersebut. Dalam hal ini, para aktivis menghadapi dua masalah:
1. Serangan eksternal: dicap sebagai kelompok khawarij takfiri
2. Serangan internal: mereka terlibat dalam perselisihan internal.

Penguasa melihat cara yang paling tepat untuk melawan jihad dan aktivis jihad adalah memisahkan mereka dari umat dengan kondisi tertuduh sebagai kelompok yang suka mengafirkan orang lain. Masyarakat pun pasti akan membenci, lalu mengisolasi mereka, sehingga sangat mudah bagi penguasa untuk menghabisi mereka.

Media juga berperan dalam hal ini. Berpedoman dengan berbagai sarana informasi, semua pengorbanan oleh jihadis tidak dianggap sebagai kebaikan. Jihad mereka membela kaum muslimin di banyak wilayah, seperti Afghanistan, Chechnya, Bosnia, Irak dan lainnya ditutupi dengan berbagai skenario untuk mendistorsi aktivis Islam.

Penguasa menuduh para aktivis jihad telah memecah belah kekuatan kaum muslimin, mengafirkan penguasa dan rakyat, menyimpan bahan peledak, menaruh bom di dalam mushaf, dan membunuh kaum muslimin yang tidak bersalah. Pancingan ini pun menuai sukses besar. Sejumlah ulama pun ikut bergabung dalam skenario. Fatwa dikeluarkan bahwa para aktivis jihad adalah khawarij yang mewarisi pemikiran khawarij masa lalu, yang disebut Nabi saw sebagai anjing-anjing neraka.

Penutup
Lahirnya kelompok takfiri telah menjadi alat yang efektif untuk melemahkan perjuangan Islam. Penguasa menuduh aktivis Islam sebagai kelompok takfiri. Masyarakat pun setuju dan mengisolasi mereka. Hasilnya, penguasa bebas melalukan penangkapan, penembakan, pembunuhan terhadap siapa saja tanpa perlu membuktikan apa kesalahannya. Melihat kenyataan ini, maka As-Suri menyatakan bahwa membedakan antara kelompok jihad dan kelompok takfiri adalah tugas aktivis Islam selanjutnya. [Agus Abdullah]

COMMENTS

Name

#indonesiatanpajil,4,afghanistan,158,afrika,54,agama,303,agenda acara,3,ahmadiyah,3,ajzerbaijan,1,Aksi Gema Pembebasan Soloraya tolak RUU Pendidikan 7 May 2012,1,al islam,178,aljazair,6,amerika,628,analisi,1,analisis,330,analisisjihad,69,arab saudi,91,argentina,1,asean,1,asia,1,australia,51,austria,3,azerbaijan,1,bahrain,4,bangladesh,16,belanda,23,belgia,3,berita,618,beritanasional,1973,bisnisdanekonomi,39,bolivia,1,brasil,5,brunei,15,budaya,25,buletin islam underground noname zine,2,bulgaria,1,ceko,3,chechnya,8,china,80,cina,1,contact,1,democrazy,40,denmark,5,detik2hancurkapitalisme,77,disclaimer,1,diskusi,6,dubai,9,ekonomi,488,eropa,51,ethiopia,2,event,35,faeture,3,feature,4517,featured,13,filipina,28,focus,10,Foto : Pasukan Israel (huffington post),1,Foto-foto Aksi Sebar Flyer #IndonesiaTanpaJIL di Car Free Day Solo,1,galeri,45,ghana,1,guatemala,1,guyana,1,hacker,6,halal,16,healthnews,33,hikmah,8,hukum,412,india,29,informasi,58,inggris,171,intelijen,2,internasional,3748,interview,26,irak,122,iran,61,irlandia,3,islamichistory,79,islamophobia,2,islandia,1,israel,96,italia,16,jepang,8,jerman,35,kamboja,3,kamerun,1,kanada,14,kashmir,1,kaukasus,2,kazakhstan,4,kenya,10,kesehatan,24,khilafahbangkit,33,khutbahjumat,2,kiamat,1,kirgistan,1,kolombia,4,komunitas,6,konspirasi,86,korea,6,kosovo,1,kristologi,1,kuba,1,kuwait,6,laporankhusus,4,lebanon,13,libanon,4,liberal,6,liberia,1,libya,28,malaysia,33,mali,24,maroko,7,media,140,meksiko,1,mesir,244,minoritas,1,motivainspira,4,movie,1,mujahidin,439,muslimah,84,myanmar,104,nafsiyah,73,nasional,1,nigeria,14,norwegia,12,olahraga,1,opini,222,pakistan,69,palestina,511,papua,1,pendidikan,40,pengetahuan,70,perancis,102,perjalanan,32,polandia,1,politik,617,poster propaganda,2,praha,1,press release,135,qatar,8,resensi,17,review,141,rusia,83,sejarah,13,senegal,1,singapura,5,skotlandia,1,slovakia,1,somalia,63,sosial,1186,sosok,43,spanyol,13,spionase,1,srilanka,8,sudan,8,suriah,441,swedia,7,swiss,5,syariah,3,syiah,4,Tafsir,1,taiwan,1,tajikistan,4,takziyah,1,technews,51,technews',1,teknologi,80,thailand,26,timor leste,1,timur tengah,3,transkrip,32,tsaqofah,151,tunisia,25,turki,86,ukraina,3,uruguay,2,uzbekistan,8,vatikan,8,venezuela,4,video,361,wasiat,14,wawancara,89,yahudi,7,yaman,75,yordania,29,yunani,4,zimbabwe,1,zionist,4,
ltr
item
ResistNews Blog: Fakta: Gerakan Takfiri Dibentuk oleh Penguasa
Fakta: Gerakan Takfiri Dibentuk oleh Penguasa
http://2.bp.blogspot.com/-LgikkYEmQTc/VTJOZCKnT2I/AAAAAAAAF4A/cN3dj3MqazM/s1600/thumb%2B(20).jpg
http://2.bp.blogspot.com/-LgikkYEmQTc/VTJOZCKnT2I/AAAAAAAAF4A/cN3dj3MqazM/s72-c/thumb%2B(20).jpg
ResistNews Blog
http://blog.resistnews.web.id/2015/04/fakta-gerakan-takfiri-dibentuk-oleh.html
http://blog.resistnews.web.id/
http://blog.resistnews.web.id/
http://blog.resistnews.web.id/2015/04/fakta-gerakan-takfiri-dibentuk-oleh.html
true
1507099621614207927
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy