Kecam Kasus Rohingya, Al-Azhar Serukan Negara-negara Tetangga Berprikemanusiaan


+ResistNews Blog - Institusi keagamaan Islam terbesar di dunia, Al-Azhar Al-Syarif Kairo-Mesir menyerukan negara-negara yang bertangga dengan Myanmar agar menunjukkan tanggungjawab kemanusiaannya terhadap muslim Rohingya.

Melalui situs resminya, Al-Azhar menyatakan bahwa pihaknya sangat prihatin dengan kondisi muslim Rohingya yang terusir dari negerinya dan terkatung-katung di laut, dimana negara-negara tentangga Myanmar juga tidak kunjung menerima mereka.

Al-Azhar kembali melontarkan kecaman kerasnya terhadap apa yang dialami oleh umat Islam di Myanmar, dimana mereka ditekan, diusir dari kampung halaman, rumah dan masjid mereka dibakar, dan tidak diberi sedikit pun hak paling dasar sebagai warga negara. Al-Azhar meminta negara-negara tetangga Myanmar untuk mengamban tanggungjawab kemanusiaan terhadap mereka dengan menerima mereka serta menyediakan tempat yang aman dan kehidupan yang layak.

Al-Azhar juga meminta masyarakat internasional dan organisasi-organisasi hak asasi manusia serta Organisasi Kerjasama Islam (OKI) untuk segera bertindak cepat untuk menyelamatkan muslim Myanmar dari penganiayaan dan pengusiran yang mereka alami. Al-Azhar juga mengajak semua organisasi tersebut untuk memberikan tekanan terhadap pemerintah Myanmar untuk segera menghentikan tindakannya ini yang bertentangan dengan norma-norma kemanusiaan dan ajaran agama-agama samawi. (mosleminfo/ +ResistNews Blog )

No comments

Post a Comment

Home
loading...