Oh Ternyata, Cuma Begini Mabes TNI Merespon Tantangan Perang Terbuka OPM



+ResistNews Blog - Banyak yang bertanya terkait sikap diam TNI ketika Organisasi Papua Merdeka (OPM) menantang perang terbuka. Selain bertanya, tak sedikit juga yang mengkritik bahkan meledek. Rupanya sikap diam TNI mempunyai makna tersendiri terkait sikap Pimpinan Organisasi Papua Merdeka Enden Wanimbo yang menyatakan siap perang terbuka dengan seluruh masyarakat Indonesia yang bukan orang Papua. Usaha dialog tampaknya tidak bisa membuahkan hasil perdamaian atas konflik yang ada.

Sikap diamnya TNI akhirnya menuai jawaban. Dilansir Merdeka (26/5), bahwa Mabes TNI tak mau menanggapi pernyataan perang terbuka organisasi papua merdeka (OPM) itu. Kapuspen TNI Mayor Jenderal Fuad Basya mengatakan, jika pernyataan perang terbuka ditanggapi akan menjadi besar.


"Nggak usah ditanggapi, kalau ditanggapi kita nanti jadi besar. Dulu ISIS Abu Jandal, sekarang sudah mati. Kalau ditanggapi mereka akan semakin besar, dia tidak akan berbuat apa-apa," kata Fuad, Senin (25/5).

Sementara itu, kata dia, pasukan TNI telah siap menghadapi ancaman apa pun. Termasuk ancaman dari OPM yang menginginkan perang terbuka.

"Kalau ancam ya coba saja, jangan ancam-ancam saja," tegasnya.

Menurut dia, kondisi Papua telah kondusif dari permasalahan apa pun. Namun, jika OPM menyerang indonesia akan diberikan perlawanan oleh masyarakat Papua sendiri.

"Ya pastilah rakyat akan marah, sama juga di Aceh. Tidak ada separatis di Aceh," tutupnya.

Atas penjelasan TNI Mayor Jenderal Fuad Basya tentu memberikan pencerahan kepada publik yang selama ini bertanya. Namun, lebih memuaskan jika langsung Panglima TNI Jenderal Moeldoko yang memberikan pernyataan. Sebagaimana dulu Moeldoko pernah menyatakan dengan tegas akan menebas gerakan ISIS di Indonesia. [pekanews.com/ +ResistNews Blog ]

No comments

Post a Comment

Home
loading...