Pengungsi Rohingya Akan Diperbolehkan Tinggal di Indonesia Setahun Saja


+ResistNews Blog - Kementerian Luar Negeri RI mengatakan imigran Rohingya yang diminta untuk direpatriasi (dipulangkan) adalah imigran yang tengah terkatung-katung berada di tengah lautan.

“Komitmennya jelas yang diminta untuk segera di-resettle adalah yang saat ini berada di laut,” kata Juru Bicara Kemenlu, Armanatha Nasir pada kamis Kemarin (21/5/2015).

Ia melanjutkan, jumlah imigran Rohingya yang menunggu proses pemulangan oleh UNHCR sebanyak 11 ribu jiwa. Namun, untuk 7 ribu imigran lainnya, pemerintah meminta bantuan komunitas internasional proses pemulangan mereka.

“Proses saat ini yang masih menunggu proses resetllement ada 11 ribu orang oleh UNHCR, dan itu tetap berlangsung,” ungkap pria yang akrab dipanggil Natha ini.

Sebelumnya, Kemenlu mengaskan bahwa pemerintah RI berkomitmen untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada para imgiran Rohingya yang terdampar di wilayah RI. Para imigran rencananya akan diberikan waktu satu tahun untuk menetap di Indonesia.

Indonesia juga berkomitmen untuk memberikan bantaun dalam bentuk komite politis, bantuan tersebut diharapkan dapat membantu lebih banyak dan menyeluruh untuk krisis kemanusiaan Rohingya. [kiblat.net/ +ResistNews Blog ]

No comments

Post a Comment

Home
loading...