Ahrar Sham: Sekira 99% Kota dan Wilayah Idlib Dikuasai Pejuang



+ResistNews Blog - Jaisyul Fath, gabungan mujahidin Suriah, dilaporkan telah menguasai hampir seluruh kota di provinsi Idlib dari pasukan pemerintah setelah melancarkan serangan besar pada hari Jumat (5/6).

Abu Yazid, juru bicara Ahrar al-Sham, salah satu kelompok pejuang Islam terkuat di Suriah, mengatakan kepada Al Jazeera pada Sabtu bahwa para pejuang sekarang memegang kendali sekira 99 persen% dari Idlib.

Provinsi ini berbatasan dengan dua provinsi kunci yang dikendalikan rezim, Latakia dan Hama.

Berbicara dari Idlib melalui telepon, ia mengatakan bahwa sejak serangan dimulai pada hari Jumat sore, Jaisyul Fath telah berhasil membuat kemajuan pesat di Qiasat dan Muhambel, sebuah kota strategis menuju Latakia serta banyak kabupaten dan desa lainnya.

Juru bicara Ahrar Sham tersebut mengatakan bahwa hanya sedikit daerah yang tetap berada di bawah kendali pemerintah, terutama bandara di pinggiran timur provinsi Idlib; dua desa utara Fua dan Qariat; dan beberapa pos pemeriksaan militer.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, SOHR, menegaskan bahwa Jaisyul Fath membuat kemajuan di Idlib. SOHR mengungkapkan pada Sabtu (6/6) bahwa para pejuang mengambil alih pos pemeriksaan militer terbesar di Idlib, pos militer al-Masara serta pos militer penting lainnya.

Abu Yazid juga mengatakan sedikitnya 40 tentara pemerintah tewas dalam pertempuran baru-baru ini. Banyak tank, kendaraan lapis baja dan peluncur roket hancur oleh pejuang Ahrar al-Sham, katanya.

SOHR mengungkapkan bahwa sedikitnya 13 pejuang Suriah juga gugur dalam operasi tersebut. Kantor berita negara Suriah Sana juga melaporkan kerugian militer wilayah di Idlib dan menambahkan bahwa pasukan rezim ditarik mundur dari kota Muambel. (jazeera/lasdipo/ +ResistNews Blog )

No comments

Post a Comment

Home
loading...