Filipina Klaim Lumpuhkan 64 Pejuang Abu Sayaf


+ResistNews Blog  – Militer Filipina mengklaim melumpuhkan 64 anggota pejuang Abu Sayaf selama operasi militer lima bulan terakhir di kepulauan Sulu, selatan negara tersebut.

Kolonel Alon Orojado, komandan pasukan gabungan khusus di kepulauan Sulu, Senin (01/06), mengatakan bahwa operasi selama lima bulan terakhir berhasil melumpuhkan 64 anggota Abu Sayaf yang disinyalir terkait Al-Qaidah. Ia menambahkan, saat ini masih ada 400 militan aktif, 246 di antaranya telah diketahui identitas mereka.

Pernyataan yang dikeluarkan pasukan bersenjata Filipina juga mengklaim, operasi tersebut melukai 104 pejuang Abu Sayaf dan 69 tentara. Sementara korban tewas dari militer diakui hanya sembilan tentara.

Sementara itu, dua bom dilaporkan meledak di kepulauan Sulu pada Jumat lalu. Sedikitnya 14 orang luka-luka akibat ledakan tersebut.

Dua serangan itu menargetkan pasukan keamanan setempat. Wilayah tersebut bergejolak sejak lama.

Pergolakan di wilayah Sulu akibat tindakan diskriminasi pemerintah Filipina terhadap wilayah yang dihuni mayoritas Muslim itu. Umat Islam melakukan perlawanan dan berusaha melepaskan diri dari pemerintah. [arabi21.com/ +ResistNews Blog ]

No comments

Post a Comment

Home
loading...