Ini Besaran Upah Pejuang Bayaran AS di Suriah untuk Perangi ISIS


+ResistNews Blog  – Amerika Serikat menyatakan akan membayar oposisi moderat Suriah, yang dilatih untuk memerangi pejuang Daulah Islamiyah (ISIS).

“Kami dapat memastikan bahwa orang Suriah yang dilatih dan dipersenjatai akan menerima tunjangan selama bergabung dalam program ini,” kata juru bicara Pentagon Elissa Smith, Senin (22/06).

“Para peserta pelatihan saat ini menerima upah antara 250 dolar hingga 400 dolar per bulan, per prajurit, tergantung pada keterampilan, kinerja dan jabatannya,” kata Smith.

Langkah ini diambil setelah para pejabat tinggi pertahanan Amerika Serikat mengakui bahwa program ini sangat lambat. Selain itu mereka juga mengalami kesulitan dalam mencari dan menyeleksi pejuang moderat itu.

Menurut Pusat Administrasi Statistik pemerintah Suriah upah ini sesuai dengan upah di Suriah sebelum terjadinya perang. Dalam beberapa bulan pertama terjadinya konflik, upah di Suriah berkisar pada angka 12.000 pound Suriah atau 255 dolar. Upah minimum yang berlaku adalah 9.975 pound atau 212 dolar.

Gelombang pertama pelatihan pejuang oposisi Suriah diikuti oleh 90 orang dan telah dimulai bulan lalu. Sementara ini Amerika menolak menyebutkan negara-negara yang menggelar pelatihan itu. Namun, bulan lalu Yordania menyatakan bahwa pihaknya telah mulai melatik kelompok-kelompok oposisi Suriah.

Bulan Februari lalu Amerika menandatangani perjanjian program kerjasama pelatihan itu dengan Turki. Sementara Arab Saudi, Qatar dan Yordania telah lama menyatakan kesiapan mereka dalam program yang sama.

Pentagon menargetkan memiliki 3.000 pejuang oposisi terlatih pada akhir tahun ini. Smith menambahkan, dan tujuannya adalah untuk memiliki 5.400 pejuang terlatih dalam 12 bulan.

“Untuk keamanan operasional, kami tidak akan mengumumkan kapan pasukan oposisi Suriah yang dilatih koalisi masuk ke Suriah,” kata Smith.

[Worldbulletin/kiblat/ +ResistNews Blog ]

No comments

Post a Comment

Home
loading...