Sekjen PBB Kutuk Campur Tangan Syiah Hizbullah di Suriah


+ResistNews Blog  – Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon, mengutuk keterlibatan Syiah Hizbullah Lebanon dalam krisis Suriah. Dia mengungkapkan, campur tangan warga Lebanon dalam krisis Suriah melanggar kebijakan politik negara.

Ki-moon kembali menyeru dalam laporan rutinnya di hadapan Dewan Keamanan Internasional pada Kamis (09/07), seluruh pihak Lebanon tidak mencampuri konflik di Suriah. Semua pihak diminta mematuhi kebijakan pemerintah Lebanon sejak meletusnya konflik Suriah untuk tidak ikut campur urusan negeri tersebut.

Sekjen PBB itu memperingatkan pelanggaran yang terus dilakukan Syiah Hizbullah dan kelompok lain supaya tidak menggunakan senjata kecuali di dalam wilayah Lebanon. Keterlibatan mereka telah mengancam kedaulatan dan stabilitas negara dan bertentangan dengan resolusi 1556 tahun 2004.

Laporan tersebut juga mengecam penembakan roket dan artileri serta pelanggaran udara ke wilayah Lebanon dari wilayah Suriah.

Syiah Hizbullah Lebanon menampakkan diri bertempur di barisan rezim Suriah pada akhir 2012, setahun setelah konflik Suriah meletus. Sebelumnya, mereka tidak mengakui mencampuri konflik Suriah.

Selain melindungi Damaskus, mereka juga merebut wilayah-wilayah Suriah yang berbatasan dengan Lebanon. Terlebih, wilayah yang dilintasi jalur internasional antara Lebanon dan Damaskus.

Campur tangan Syiah Hizbullah itu memaksa mujahidin melancarkan operasi di basis Syiah Hizbullah di wilayah Lebanon. Namun, mujahidin Suriah lebih fokus menghadang Syiah Hizbullah dan militer Suriah di wilayah Suriah.
[Al-Jazeera/kiblat/ +ResistNews Blog ]

No comments

Post a Comment

Home
loading...