Cegah Insiden di Suriah, AS-Rusia Teken Nota Kesepahaman

+ResistNews Blog - pemerintah amerika Serikat dan Rusiamenandatangani nota kesepahaman yang ditujukan meminimalkan risiko kontak antara pesawat-pesawat kedua negara di wilayah udara Suriah.

Penandatanganan dilakukan setelah muncul beberapa kasus yang oleh Washington dikatakan sebagai tindakan “ceroboh dan tidak profesional” yang dilakukan pilot-pilot Rusia dengan menerbangkan pesawat terlalu dekat ke posisi pesawat amerika.

Pekan lalu para pejabat AS mengatakan pesawat dari kedua negara “memasuki ruang pertempuran yang sama” dan hanya berjarak beberapa kilometer saja.

Juru bicara Kementerian Pertahanan AS, Peter Cook, mengatakan nota kesepahaman ini memuat prosedur yang harus diikuti oleh para awak pesawat, termasuk terbang dalam jarak yang aman dengan pesawat-pesawat lain dan menjaga komunikasi secara terus menerus dengan petugas di darat.

Cook juga menjelaskan bahwa isi lengkap nota ini dirahasiakan atas permintaan pemerintah di Moskow.

Wartawan BBC mengatakan cakupan nota ini hakikatnya tidak terlalu luas karena tidak mengatur koordinasi intelijen atau serangan-serangan udara.

Rusia terlibat langsung dalam konflik Suriah dengan melancarkan serangan udara mulai 30 September lalu, dengan dalih menyerang posisi-posisi yang dikuasai kelompok yang menamakan diri Negara islam(isis).

Moskow mengatakan mereka melancarkan serangan udara atas permintaan Presiden Suriah Bashar al-Assad. (bbc.com/hizbut-tahrir.or.id/ +ResistNews Blog )

No comments

Post a Comment

Home
loading...