Hingga 2017, Militer AS Tetap “Keukeuh” di Afghanistan

+ResistNews Blog – Presiden AS, Barrack Obama pada Kamis (15/10) mengumumkan akan menghentikan rencana penarikan pasukan militer Amerika dari Afghanistan sampai akhir masa jabatannya pada tahun 2017. Ia memastikan bahwa pendudukan Amerika akan bertahan di negara itu selama beberapa tahun mendatang.

Seperti dikutip dari portal Antiwar, Kamis (15/10), Obama sebelumya menegaskan bahwa akan AS akan mengakhiri misinya di Afghanistan. Tetapi sepekan setelahnya, AS justru terlibat pertempuran di Kunduz. Kira-kira 10.000 pasukan darat AS telah menetap di Afghanistan. Penarikan seharusnya dimulai tahun ini, namun karena alasan keamanan maka diundur hingga setelah tahun 2016.

Bisa dipastikan bahwa kehadiran militer AS di Afghanistan akan terus berlanjut selama bertahun-tahun sebelum masa aktif Obama habis. Ia tampaknya lebih setuju untuk mempertahankan pasukan di sana. Melihat ISIS yang semakin berkembang dan memburuknya situasi keamanan, menjadi alasan kuat AS untuk tinggal lebih lama. [Antiwar/kiblat.net/ +ResistNews Blog ]

No comments

Post a Comment

Home
loading...