Tindaklanjuti Hasil Investigasi, DPR Akan Evaluasi Kinerja Densus 88

+ResistNews Blog - Komisi III DPR, Arsul Sani menyatakan bahwa akan menindaklanjuti hasil investigasi kasus kematian Siyono yang dilakukan sejumlah pihak, yaitu Komnas HAM, Kontras dan Muhammadiyah. Dan nantinya hasil investigasi tersebut akan dirapatkan oleh komisi 3 dengan kapolri untuk mengevaluasi kinerja Densus 88 secara keseluruhan.

“Jika temuan tim forensik tersebut beserta hasil investigasinya diserahkan kepada DPR dalam hal ini Komisi III, maka itu akan menjadi bahan yang sangat berguna dalam Rapat Kerja Komisi III dengan Kapolri untuk mengevaluasi kinerja Densus 88 secara keseluruhan,” ujarnya, Selasa (05/04) seperti dikutip dari Republika.

Arsul menilai, hasil investigasi itu bisa dibawa ke rapat kerja Komisi III, untuk menetapkan rekomendasi DPR yang harus ditindaklanjuti Kapolri, berupa penindakan terhadap anggota Densus yang harus bertanggung jawab atas kematian Siyono.

“Bahkan tidak tertutup kemungkinan hasil tim forensik dan investigasi tersebut akan didalami di Panja Penegakan Hukum Komisi III,” imbuhnya.

Dia meminta, Polri harus menghormati isteri dan keluarga Siyono untuk tidak bersedia menerima uang yang diberikan untuk menutup-nutupi kematian Siyono. Apalagi, kata dia, kalau benar pemberiannya disertai permintaan agar tidak mempersoalkan kematiannya, maka wajar uang yang berjumlah sekitar Rp 200 juta itu tidak diterima‎. ‎

Sebelumnya, Muhammadiyah telah melakukan autopsi terhadap jenazah Siyono, setelah sempat mendapatkan penolakan dari warga tempat Siyono tinggal. Hasil Autopsi tersebut hingga kini belum diumumkan dan masih dalam proses pemeriksaan. [Republika/ +ResistNews Blog ]

No comments

Post a Comment

Home
loading...