Arab Saudi jadi Negara Donor Nomor Satu di Dunia


+ResistNews Blog - ARAB Saudi dilaporkan telah didaulat sebagai negara pendonor terbesar nomor satu di dunia. Saudi gencar melakukan operasi kemanusiaan dan bantuan besar-besaran di seluruh dunia, juga membantu para korban untuk pulih dari dampak bencana alam atau perang saudara.

“Total bantuan kemanusiaan dan pembangunan Saudi di seluruh dunia melebihi 54 miliar riyal pada 2014,” ungkap Abdullah Al-Rabiah, selaku pengawas Badan Pertolongan dan Bantuan Kemanusiaan Raja Salman pada Ahad (15/5/2016), Arabnews melaporkan.

“Komitmen keuangan Saudi untuk bantuan kemanusiaan sangat tinggi dibandingkan dengan negara-negara lain,” ujar Rabiah setelah secara resmi meluncurkan laporan, “Bantuan Pembangunan Resmi Arab Saudi.”


Petinggi Saudi dan pejabat UNDP, termasuk Ashok Nigam, perwakilan UNDP yang berbasis di Riyadh dan koordinator warga PBB, juga hadir dalam acara tersebut.

Al-Rabiah mengatakan bantuan Saudi senilai 54 miliar riyal untuk kemanusiaan dan perkembangan di seluruh dunia, mewakili 1,9 persen dari Pendapatan Nasional Bruto (PNB) sebuah negara.

Kementerian Luar Negeri dan keuangan Arab Saudi juga siap bekerjasama dengan badan Fund for Development (SFD) dan Program Pembangunan PBB (UNDP). Saudi juga berkomitmen untuk memberikan tanggapan langsung dan intervensi cepat di manapun krisis kemanusiaan terjadi.

“UNDP senang mendapat kesempatan bekerja dengan pemerintah Saudi untuk menyebarkan bantuan kemanusiaan ke khalayak yang lebih luas, berdasarkan data yang tersedia dan informasi yang diberikan oleh kementerian keuangan dan SFD,” demikian menurut Al-Rabiah. [islampos/ +ResistNews Blog ]

No comments

Post a Comment

Home
loading...