Belasan Ribu Warga Papua Turun ke Jalan Tuntut Bubarkan Organisasi Sparatis

+ResistNews Blog - Belasan ribu warga Papua turun ke jalan untuk menuntut pembubaran organisasi sparatis Komite Nasional Papua Barat (KNPB). “Segera bubarkan KNPB! Kalau tidak, jangan salahkan massa yang bertindak!” ujar salah seorang orator di depan para anggota DPRD Papua, Rabu (2/6/2016) siang.

Selain itu, massa juga menuntut agar mengusut tuntas semua pejabat yang terlibat. “Usut tuntas eksekutif, legislatif, dan yudikatif yang terlibat langsung memberikan dukungan kepada KNPB! Siapapun orangnya dan apapun jabatannya,” pekik sang orator.

Dalih adat, yang biasa digunakan KNPB untuk upaya sparatis juga disinggung massa. “Jangan mengotori nama adat, demi referendum!” tegas orator.

Paginya, massa berkumpul di Lapang Trikora, Abepura. Panitia acara pun sengaja mensetting dengan mendirikan panggung, selain dipakai untuk orasi sekaligus memberikan arahan agar pelaksanaan aksi ini bisa berjalan dengan tertib. “Kurang lebih diikuti belasan ribu massa yang berasal dari wilayah Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Keerom,” ujar panitia.

Bukan hanya perwakilan dari tokoh-tokoh masyarakat, dalam aksi itu nampak pula orasi dari TNI dan Polri. Kemudian massa konvoi menggunakan sepeda motor ke Gedung DPRD Papua.

Dalam pantauan mediaumat.com, sempat terjadi insiden pemukulan yang dilakukan oleh peserta kepada salah seorang pengguna jalan bermotor yang melintasi jalannya aksi di Lapang Trikora. Pasalnya, pengguna jalan yang diduga pro KNPB tersebut meneriakkan kata-kata cacian terhadap massa. Hal ini memicu kemarahan beberapa peserta yang mendengarkan langsung. Yang kemudian terjadi upaya pengejaran serta dihadang oleh massa lainnya. Sebelum menjurus pada tindakan yang lebih berbahaya, beberapa peserta lainnya langsung berusaha melerai.(mediaumat.com/ +ResistNews Blog )

No comments

Post a Comment

Home
loading...