IMF Kucurkan Pinjaman 12 Miliar Dolar ke Mesir

+ResistNews Blog - Dana Moneter Internasional (IMF), Jum’at (11/11) menyetujui pinjaman untuk Mesir yang dilanda krisis moneter sebesar $ 12 miliar dalam jangka waktu tiga tahun.

Persetujuan IMF untuk memberikan pinjaman ini dilakukan setelah Kairo mengambil langkah-langkah dalam beberapa pekan terakhir untuk memenuhi persyaratan dari IMF, diantaranya pemotongan subsidi BBM, memberlakukan pajak pertambahan nilai, dan penurunan pound Mesir, yang kemudian kehilangan 45 persen nilainya terhadap dolar AS.

Untuk tahap pertama, dewan eksekutif IMF akan menyerahkan $ 2.75 miliar ke Mesir. Sementara pembayaran selanjutnya tergantung pada kinerja ekonomi negara.

“Program ini akan membantu Mesir memulihkan stabilitas makroekonomi dan mempromosikan pertumbuhan inklusif,” kata dewan dalam sebuah pernyataan.

Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde mengatakan IMF akan mendukung sebuah “program pertumbuhan ekonomi dalam negeri” Mesir yang membahas defisit anggaran yang besar, meningkatnya utang, pertumbuhan ekonomi yang lambat dan pengangguran yang tinggi.

“Pihak berwenang mengakui bahwa ketegasan berjalannya paket kebijakan di bawah program ekonomi adalah penting untuk mengembalikan kepercayaan investor, mengurangi inflasi satu digit, membangun kembali cadangan internasional, memperkuat keuangan publik, dan mendorong pertumbuhan yang dipimpin sektor swasta,” katanya dalam sebuah pernyataan.

IMF mengakui ada risiko signifikan dalam pelaksanaan program ini. Tapi risiko-risiko itu diatasi dengan keputusan penting pemerintah, utamanya terkait pemberian “dukungan politik” sebagai kompensasi atas program pinjaman ini. [AFP/kiblat.net/ +ResistNews Blog ]

No comments

Post a Comment

Home
loading...