Pasukan Myanmar Tewaskan 30 Muslim Rohingya

+ResistNews Blog - Pasukan Myanmar dilaporkan telah menewaskan puluhan Muslim Rohingya dalam gelombang terbaru dari tindakan keras terhadap minoritas Muslim di negara bagian Rakhine, Senin (14/11/2016), PressTV melaporkan.

Militer Myanmar menyatakan telah membunuh 30 anggota dari apa yang pemerintah sebut sebagai “kelompok bersenjata” Muslim Rohingya, dalam bentrokan yang meletus di kota perbatasan Maungdaw selama akhir pekan ini.

Pihak berwenang telah memblokir akses ke daerah tersebut, sehingga sulit untuk secara independen memverifikasi laporan atau tuduhan pelecehan tentara pemerintah.

Wilayah utara Rakhine telah berada di bawah kepungan militer Myanmar sejak muncul dugaan serangan terhadap penjaga perbatasan negara itu pada tanggal 9 Oktober lalu. Serangan itu menewaskan sembilan polisi dan pemerintah menuduh Rohingya berada di balik serangan itu.

Tentara Myanmar telah menewaskan puluhan warga Rohingya dan menangkap lebih banyak dalam perburuan dalam operasi untuk menghentikan para penyerang.

Menurut perkiraan Reuters, jumlah korban Muslim Rohnigya yang tewas sejak 9 Oktober telah mencapai 60 orang.

Rakhine, rumah bagi sekitar satu juta Muslim Rohingya, telah menjadi tempat kekerasan kaum ekstremis Buddha sejak tahun 2012. [islampos.com/ +ResistNews Blog ]

No comments

Post a Comment

Home
loading...