Amerika Masih Menganggap Jaringan Haqqani Adalah Sebuah Ancaman



+ResistNews Blog
 - Jaringan Haqqani yang berbasis di Pakistan masih menjadi kekhawatiran tersendiri bagi pasukan AS di Afghanistan. Komandan tinggi AS di Afghanistan, Jenderal John Nicholson memandang bahwa jaringan itu menjadi salah satu ancaman terbesar.

“Haqqani masih menimbulkan ancaman terbesar bagi Amerika dan mitra koalisi kami juga bagi Afghanistan,” katanya kepada wartawan, seperti dikutip Indian Express, Sabtu (03/12).

Nicholson mengungkapkan bahwa jaringan Haqqani saat ini menyandera lima warga Amerika. “Saya pikir ini perlu diingat. Ketika kita berpikir tentang jaringan Haqqani, mereka tetap menjadi perhatian utama kita. Dan mereka menikmati perlindungan di Pakistan,” lanjutnya.

Untuk menindaklanjuti hal ini, ia mengatakan akan menemui Kepala baru Staf Angkatan Darat Pakistan, Jenderal Bajwa pekan depan. “Ada banyak bidang kerjasama dengan Pakistan sehubungan dengan perbatasan, upaya bersama kita melawan terorisme dan sebagainya. Jadi, kita perlu bekerja sama dengan mereka ke depannya,” katanya.

Perlu diketahui, jaringan Haqqani memiliki visi dan tujuan yang sama dengan Taliban, melawan pendudukan Amerika. Gerakan ini memiliki hak otonomi yang luas dan bebas mengatur wilayah kekuasaannya tersebut.

Haqqani beroperasi di Afghanistan Timur khususnya di daerah Paktia dan meluas ke daerah lain, seperti Wardak (merupakan salah satu dari 34 buah wilayah di Afghanistan). Gerakan ini hanya membatasi wilayah operasinya di dalam Pakistan dan Afghanistan. [Indian Express/kiblat+ResistNews Blog ]

No comments

Post a Comment

Home
loading...